BBM untuk Android – Templat Download dan Cara Gunakan Aplikasi

Apakah saat ini anda sedang menggunakan Android sebagai platfrom di handphone anda? Tapi juga ingin bisa berkomunikasi dengan teman-teman yang lain yang sedang menggunakan BBM (BlackBerry Messenger) tanpa harus menggunakan WhatsApp? Ternyata saat ini para pengguna Android sudah bisa menggunakan BBM di handphone mereka, ini dikarenakan telah ada apps BBM untuk Android yang dapat diunduh secara gratis. Sehingga para pengguna Android tidak lagi perlu mempertimbangkan apakah akan mengganti smartphone Android mereka dengan handphone BlackBerry, atau memiliki keduanya.

BlackBerry Messenger

BlackBerry Messenger merupakan fasilitas pengirim pesan secara cepat atau instan dengan menggunakan handset BlackBerry (BB). Dimana para pengguna BB ini dapat bertukar pesan antar mereka dengan menggunakan PIN. Sehingga hanya diantara mereka saja yang pernah bertukar PIN yang dapat melakukan Beberapa fasilitas instant messenger yang populer dan dapat dilakukan via BlackBerry seperti Yahoo Messenger, Facebook dan Twitter. Bagi para pemula pengguna BlackBerry, ada dapat mengenal lebih jauh fungsi BlackBerry.

Android

Android merupakan sebuah sistem operasi yang khusus untuk perangkat seluler layaknya handphone seperti smartphone, tablet yang umumnya menggunakan layar sentuh. Android adalah “software open source” yang merupakan perangkat lunak yang dapat didownload dan dikembangkan secara gratis. Banyak sekali aplikasi-aplikasi Android yang dapat di unduh di internet secara bebas. Untuk lebih mengenal lebih jauh mengenai perangkat ini, anda daat membaca mengenai apa itu Android.

Lintas Platform BlackBerry di Android

Saat ini BlackBerry Messenger memiliki banyak pengguna di Indonesia begitu juga dengan Android. Bahkan mungkin untuk sekala dunia pun tidak berbeda jauh. Hanya seberapa besar perbedaannya, penulis tidak akan membicarakanya lebih jauh, karena sekarang kita akan fokus mengenai BBM untuk Android saja. Namun dalam hal berkomunikasi, tentu para pemilik telpon seluler sangat menginginkan handset yang mereka miliki mampu berkomunikasi dengan siapa saja tanpa perlu direpotkan olah platform apa yang rekan mereka gunakan. Termasuk untuk dapat berkounikasi dengan pengguna BB secara bebas. Walaupun saat ini sudah ada aplikasi yang dapat menghubungkan diantara keduanya yaitu Whatsapp.

Namun ketika pihak BBM.com mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan aplikasi BlackBerry Messenger untuk Android, ternyata respon para pengguna Android sangatlah antusias. Ini terlihat dari banyaknya pencarian di internet yang ingin mengetahui seperti apa, bagaimana dan kapan diluncurkan aplikasi BBM untuk Smartphone atau tablet Android mereka.

Sampai akhirnya pada tanggal 22 Oktober 2013, program aplikasi BBM Android benar-benar diluncurkan dan dengan cepat banyak sekali yang mengunduh software tersebut. Setidaknya saat ini sudah ada kemudahan bagi pengguna Android untuk bisa berkomunikasi secara privat dengan para pengguna BlackBerry. Kondisi serupa juga akan dialami oleh pengguna Android yang menginginkan dapat berkomunasi secara privat dengan rekan mereka yang menggunakan iPhone (iPad Air). Karena aplikasi iPhone untuk Android pun akan segera diuncurkan, tinggal tunggu saja tanggal mainnya.

Download Aplikasi BBM untuk Android

Untuk dapat menggunakan BlackBerry untuk Android, anda hanya perlu mendownload aplikasi yang disediakan secara gratis. Tempat untuk mengunduh aplikasi BBM Android dapat dilakukan di Google Play Store atau langsung mengunjungi link ini :

  1. Google Play Store
  2. BBM

Sebelum anda mendownload dan mengintasl aplikasi tersebut diatas, anda harus perhatikan bahwa aplikasi BBM hanya dapat digunakan untuk Android 4.0 keatas (Ice Cream Sandwich dan Jelly Bean). Jadi apabila handset anda sudah terinstal Android dengan versi tersebut diatas, anda dapat langsung mengunduh dan menggunakannya. namun apabila belum, anda perlu mengupgrade OS Android anda atau juga mungkin handset anda sendiri.

Cara Menggunakan BBM untuk Android

Anda jangan langsung senang dahulu setelah bisa mendownload dan menginstallnya di tablet ataupun smartphone Android anda. Ini dikarenakan anda belum akan langsung bisa chatting atau berkirim pesan dengan teman-teman anda yang menggunakan BB. Karena seperti yang disampaikan oleh BlackBerry.com sendiri untuk dapat mulai menggunakan BBM di Android adalah seperti berikut :

  • Download BBM.
  • Instal aplikasi. Buka aplikasi BB di Android tersebut dan masukkan email anda.
  • Pihak BBM.com akan mengirim email pada anda dan mulai dapat menggunakan BBM.

Anda perlu bersabar ketika menunggu jawaban dari BBM atas email yang anda kirimkan. Karena disebutkan, bahwa antrian yang ingin mendaftarkan email tersebut sangatlah banyak sekali. Karena tidak lama setelah aplikasi BBM untuk handphone Android diluncurkan, ada 6 juta orang dari seluruh dunia yang mendaftarkan email mereka di BBM.com. Namun pihak BBM sedang berusaha keras agar antrian dapat dipersingkat dan dipercepat layanannya.

Selamat mencoba menggunakan aplikasi baru BBM untuk Android dan bertukar foto, pesan dan berdiskusi dengan teman-teman anda.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •