Bagaimana Cara Membuat Desain Kantor Di Rumah Untuk Bisnis Yang Efisien

Cara Menesain Kantor Di Rumah Yang Efisien – Saat ini sudah menjadi trend dimana orang bisa menjalankan usaha dari rumah. Mengejar peluang usaha 2015 saja sudah semakin mudah untuk bisa dikerjakan dari kamar tidur. Tidak itu saja, bahkan saat ini sudah banyak perusahaan yang mengijinkan karyawannya untuk mengerjakan tugas kantor hanya dari rumah saja. Supaya tugas dari kantor atau juga kesibukan sebagai wirausaha sukses tidak terganggu, diperlukan ruangan tersendiri yang berfungsi sebagai kantor. Berikut ini tips supaya ruang kantor di rumah yang nyaman tapi tetap produktif.

Apa Itu Kantor Di Rumah

Kantor di rumah adalah semacam ruangan yang terdapat dalam rumah tinggal dan dibuat khusus untuk tempat bekerja. Pemilik kantor yang berada dirumah tersebut adalah pemilik rumah sendiri. Jadi pemilik rumah tidak lagi harus berangkat ke kantor yang lokasinya berbeda dari tempat dimana dia tinggal. Cukup dengan berjalan kaki dan berpindah dari ruangan satu ke ruangan kantor didalam rumah, dan bisa mulai bekerja atau istilahnya ngantor di rumah.

Tujuan Dan Alasan Mengapa Buat Kantor Dalam Rumah

Tujuan mengapa bikin kantor di rumah ada beberapa alasan. Biasanya pemilik kantor yang dibuat dirumah adalah seorang pengusaha. Seperti umumnya pemilik usaha sendiri yang tidak terikat dengan peraturan kantor. Selama bisnis dapat dijalankan dengan efektif dan tidak perlu pergi ke kantor, maka bekerja dari rumah ada tepat lain menjadi pilihan yang fleksibel.

Seorang pria sedang menelepon rekannya saat mengatur pekerjaan dan bisnis hanya dari dalam kantor di rumahnya
Seorang pria sedang menelepon rekannya saat mengatur pekerjaan dan bisnis hanya dari dalam kantor di rumahnya. (boyerlawfirmblog com)

Alasan lain, usaha modal kecil dari rumah sudah banyak yang melakukan. Tidak kalah juga bisnis ibu rumah tangga yagn semakin menggeliat saat ini.  Oleh karena itu rumah menjadi memiliki fungsi ganda sebagai tempat tinggal dan juga tempat usaha. Pemilik bisnis tidak lagi perlu repot memikirkan untuk berangkat kerja, karena telah memilki istilah lain untuk buka warung.

Kemudian pertimbangan lain dari membuat rumah kantor adalah, karena ada perusahaan yang mulai melihat bahwa karyawa yang bekerja dari rumah bukan penghalang lagi untuk bisa tetap produktif dan memajukan perusahaan. Bagi perusahaan tersebut, kehadiran karyawan di kantor menjadi tidak terlalu penting. Bagi mereka menyelesaikan tugas dan komunikasi yang baik adalah kuncinya.

Tujuan lain membuat ruangan khusus di rumah yang berfungsi sebagai kantor adalah supaya bisa mengerjakan pekerjaan bisnis atau perusahaan tanpa terganggu oleh kondisi rumah. Ruangan yang menjadi tempat lalu lalang orang dapat menggangu konsentrasi ketika bekerja. Apalagi bila ada anak kecil didalam rumah yang mereka tidak tahu apabila aktiitas mereka bisa mengganggu orang tua yang sedang bekerja.

Ngantor Di Rumah, Apa Keuntungannya?

Ngantor hanya dari rumah memiliki banyak keuntungan. Salah satu yang paling terasa adalah tidak terjebak macet, stress dipagi hari. Naun masih ada hal lain kelebihan dari bekerja dari rumah.

Terhindar Dari Kemacetan. Pasti saat ini banyak yang bosan mendengar dengan kemacetan yagn sering terjadi terutama di kota-kota besar. Kota Jakarta, Bandung dan kota lain tempat tujua orang kerja dan bisnis akan sering mengalami kesibukan dijalan raya dan berakibat pada macet. Dengan bekerja dirumah, maka dapat menghindari dari kemacetan tersebut.

Mengurangi Biaya Bensin. Bepergian saat ini akan lebih mudah menggunakan alat transportasi baik pribadi maupun umum. Dengan mengendarai mobil atau motor pribadi, harga bensin menjadi pertimbangan utama untuk memilih moda ini. Apalagi dengan kenaikan harga BBM baru-baru ini. Memanfaatkan angkutan umum memiliki resiko untuk saling berebut naik, berdesak-desakan dan panas dalam kendaran umum. Belum lagi bila kereta atau bisi yagn ditunggu ternyata datang terlabat, tentu saa sangat mengesalkan.

Mengurangi Stress. Berangkat kerja pada pagi hari seringkali membuat orang menjadi stress. Hal ini karena pada pagi hari harus sudah bangun sejak sebelum matahari menjelang supaya tidak erlambat kantor dan terjebak macet. Begitu jug ketika pulang kantor, menghadapi jalan macet menjadi hal yang menakutkan. Letih dan kesal bercampur menjadi satu. Begitu sampai dirumah pada jam yang telah larut membuat badan letih dan langsung tidur tanpa bisa bercengkerama dengan keluarga. Dan juga harus mempersiapkan diri untuk urusan kantor besok hari.

Jenis Bisnis Yang Bisa DiKerjakan Dari Kantor Rumah

Ada beberapa jenis bisnis sendiri atau wirausaha yagn dapat dikerjakan hanya dari rumah. Macam-macam bisnis mahasiswa atau juga pekerjaan sampingan karyawan yang mulai banyak dilakukan ini tidak memerlukan kantor diluar rumah, cukup dari kamar kerja milik sendiri yang dibangun dengan murah, mudah dan sederhana, sudah bisa menghasilkan uang sendiri.

Tips Membuat Design Dan Tata Ruang Kantor Rumah Supaya Efisien

Ruangan kantor memiliki ciri yang berbeda dengan ruangan menonton televisi apalagi rung makan. Karena tujuan ruang kantor adalah untuk bekerja maka harus bisa menunjang kebutuhan dari bekerja itu sendiri agar pekerjaan, bisnis selalu lancar dan produktif.

Membedakan Ruangan Selain Ruang Kantor Di Rumah

Hal utama yang terpenting ketika membangun ruangan bekerja sepeti kantor dalam rumah adalah membuat ruangan yang terpisah. Ruah dan ruang kantor yang tepisah secara fisik dapat mempengaruhi secara psikologi juga. Karena ketika anda sedang berada didalam kantor, walaupun berada didalam lingkungan rumah, secara psikis dan mental anda harus tetap berada di kantor.

Tenang Dan Tidak Berisik

Ruangan kantor sebaiknya tidak terganggu oleh suara dari luar yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan. Biasanya suara orang berbicara, suara televisi, radio atau uga binatang peliharaan dapat menganggu konsentrasi ketika bekerja. Memihdahkan lokasi ruang kantor ke posisi yang relatif menyendiri bisa menjadi solusi.

Ruangn kerja yang berada disudut dari desain rumah bisa membantu anda terhindar dari suara orang yang berlalu lalang antar ruangan. Mendengar langkah orang berjalan dapat membaut anda menjadi terjaga dan hilang konsentrasi.

Posisi Ruang Terpisah Dari Ruangan Lain

Ruang kerja yang merupakan pemisahan dari ruang tidur dapat dipilih, karena ruang tidur biasanya memiliki suasana yang tenang. Ketenangan dapat membantu anda untuk dapat berpikir lebih baik dan tidak mudah terganggu karena emosi mendengar orang berbicara keras.

Cahaya Yang Nyaman

Cahaya ruangan kerja sebaiknya dipilih yang sangat mendukung untuk penglihatan normal. Tidak terlalu gelap juga tidak terlalu terang. Cahaya terlalu gelap tentu saja dapat mengganggu pengguna ketika berdala didalam ruang tersebut. Apalagi bila pekerjaannya menuntut penglihatan sebagai syarat utama. Ruangan terlalu terang juga dapat merusak mata dan kesehatan. Bisa juga menggunakan alat pengatur cahaya lampu yagn dapat membuat terang atau gelap dengan memutar knop.

Aliran udara Yang Baik

Kualitas aliran udara menentukan seberapa segar ruangan tertentu. Seakin baik alira udara, maka semakin baik kualitas dalam ruang rtersebut. Begitu juga dengan kantor, pastikan jendela memiliki ukuran yagn cukup untuk sirkulasi udara bersih. Apabila ruangan terlalu panas, memasang AC (Air Conditioner) dapat dilakukan, hanya jangan terlalu sering menggunakannya karena dapat mengganggu kesehatan paru-paru.

Peralatan Kerja

Perangkat atau perkakas diatas meja sebaiknya dipilih yagn efisien dan fusional. Terlalu banyak arang diatas meja tentu saa dapat mengganggu anda ketika sedang menulis atau juga mengetik menggunakan laptop. Terlalu banyak pernak-pernik diatas meja dan kamar, justru dapat mengganggu anda ketika sedang bekerja.

Peralatan Elektronik Pendukung Kerja

Peralatan kantor pendukung seperti laptop, printer, faximile, dapat dipilih sesuai dengan fungsinya. Televisi, radio dapat juga berada di dalam ruangan kantor selama digunakan sesuai waktu da tidak mengganggu jam kerja.

Interior

Bagian interior dari ruang kantor sebaiknya dipilih yang memiliki desain sederhana dan simpel. Warna perabotan seperti meja, kursi, lemari sebaiknya dengan warna senada atau datar. Namun memang ada juga pemilik usaha senang dengan warna ruangan yagn warna warni. Pekerja kreatif seperti penulis, artis akan lebih kreatif dalam ruangan yang memiliki nuansa semangat dan memberi banyak inspirasi.

Sesuaikan dengan Selera Dan Kenyamanan

Ruangan kantor dapat juga didesain sesuai dengan selera pemiliknya. Karena setiap penghuni kantor rumah tersebut adalah unik, maka desain dan tata ruang dapat dipilih sesuai dengan kepribadian masing-masing sepanjang tidak melupakan fungsi kantor sebagai tempat untuk mencari uang dan bukan bersantai.

Contoh Gambar Desain Kantor Di Rumah Yang Kecil Tapi Efisien


Dengan memiliki ruangan kantor di rumah yang sesuai dapat membantu membentuk suasana kerja yang nyaman dan dapat membantu meningkatkan produktifitas karena konsentrasi yang tinggi dalam soal bisnis dan pekerjaan.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *