Apa Itu Android – Cara Penggunaan dan Memilih Ponsel

Apa Itu Android – Cara Penggunaan dan Memilih Ponsel – Mungkin anda masih belum menggunakan handphone atau smartphone (telpon pintar) yang menggunakan Android. Lalu anda ingin mengetahui penjelasan mengenai Android. Disini kita coba ulas pengertian apa itu android, bagaimana cara mengunakanya dan ponsel Android terbaik.

Apa itu Android

Android adalah sebuah sistem operasi yang di rancang khusus untuk perangkat seluler yang menggunakan layar sentuh seperti tablet, telpon pintar, PDA (Personal Digital Assistant) dan peralatan mobile lain. Seperti layaknya komputer yang umumnya (di Indonesia) menggunakan Windows sebagai sistem operasinya. Namun OS Android merupakan sebuah “software open source”, dimana software tersebut dapat digunakan secara gratis dan dikembangkan secara bebas oleh para pengembang lainnya. Berbeda dengan Windows yang harus ditebus dengan sejumlah uang untuk dapat mendapatkan lisensi dalam penggunaannya. Seperti itulah kira-kira penjelasan singkat mengenai apa itu Android.

Versi Android

Sejak dikeluarkan pertama kali pada tahun 2008 hingga sekarang, beberapa versi Android telah dirilis diantaranya :

  1. Cupcake (1.5)
  2. Donut (1.6)
  3. Eclair (2.0–2.1)
  4. Froyo (2.2–2.2.3)
  5. Gingerbread (2.3–2.3.7)
  6. Honeycomb (3.0–3.2.6)
  7. Ice Cream Sandwich (4.0–4.0.4)
  8. Jelly Bean (4.1–4.3
  9. KitKat (4.4)

Ponsel Android

Ponsel yang menggunakan Android sebagai sistem operasinya, memiliki kelebihan yang menarik. Karena ponsel Android menggunakan layar sentuh. Sehingga tidak ada lagi peralatan yang menempel pada handphone ini selain sebuah alat komunikas elektronik yang berbentuk “papan”. Anda tidak lagi memerlukan mouse, keyboard, modem, dsb. Karena sifatnya mobile, maka anda dapat membawa kemana-mana peralatan tersebut dengan mudah.

Harga Handphone Android yang ada di Pasaran

Harga handphone Android bermacam-macam tergantung hardware yang digunakan. Hardware yang berbeda dapat mendukung versi android tertentu. Ponsel Android versi lama umumnya memliki perangkat keras dengan spesifikasi yang rendah yang hanya mampu mengoperasikan Android versi awal saja. Sedangkan ponsel keluaran terbaru telah mampu menggerakkan Android dengan versi terbaru. Semakin baru versi ponsel Android, semakin mahal harga ponsel tersebut. Sehingga ponsel keluaran lama akan dibandrol dengan harga termurah agar laku. Umumnya ponsel android murah digunakan oleh mereka yang pemula dalam menggunakan Android atau yang hanya memiliki budget tidak terlalu banyak.

Seperti Apa Ponsel Android Terbaik

Ponsel android terbaik adalah yang mampu menjalankan aplikasi yang dibutuhkan. Umumnya ponsel, tablet dan smartphone keluaran terbaru memiliki kemampuan untuk menjalankan aplikasi yang updated. Sehingga sanat baik untuk dimiliki agar pengoperasiannya tidak ada batas lagi karena terganggu oleh versi yang digunakan.

Belajar Cara Mengoperasikan Peralatan Mobile Android

Pengguna perlu belajar Android sebagai sistem operasi ketika pertama kali menggunakannya agar mengerti dan lancar mengoperasikannya. Sebenarnya tempat terbaik untuk belajar OS ini adalah dengan mengunjungi group ataupun komunitas yang membahas mengenai aplikasi ini. Karena andba bisa mendapatkan tulisan dengan kasus-kasus tertentu yagn mungkin sama dengan yang anda hadapi saat ini. Anda bisa mencari melalui Google dengan mengantikkan “forum Android Indonesia” untuk mendapatkan tempat belajar yang mudah. Untuk membantu anda belajar Android sebagai pemula, kami coba jelaskan secara singkat disini :

Tidak Ada Mouse pada Android

Layar sentuh pada peralatan Android tidak menggunakan bantuan “mouse” lagi layaknya pada komputer yang menggunakan Windows. Hanya dengan menyentuhkan jari kita pada ikon salah satu program, maka program tersebut akan keluar layaknya pengguna Windows mengklik ikon pada layar komputer menggunakan mouse. Pengguna juga dapat menggeser layar hanya dengan mengeser jari mereka pada layar sentuh tersebut. Begitu juga ketika akan mengubah ukuran gambar dengan cara melebarkan jarak antara dua jari kita pada layar sentuh tersebut, walaupun pada model ponsel android tertentu ada bantuan tombol untuk mengubah ukuran gambar pada layar.

Android Menggunakan Keyboard Virtual

Salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan ketika menggnakan komputer adalah mengetik. Pada ponsel Android, pengguna tidak lagi menggunakan keyboard berbentuk papan untuk mengetik kata atau kalimat. Yang dapat anda lakukan hanya menyentuhkan jari pengguna pada kolom atau bagian yang akan diisi leh kata-kata, maka keyboard virtual akan muncul pada layar ponsel Android tersebut. Dan anda bisa langsung mengetik seperti pada keyboard konvensional.

Merotasi Ukuran Layar Android

Ukuran layar komputer tidak bujursangkar, namun persegi panjang dengan bidang horisontal lebih panjang dibandingkan vertikal. Sama halnya pada tablet Android. Namun pada handphone ataupun smartphone Android, tampilan ukuran layar dapat dirubah hanya dengan memutar layar dari vertikal menjadi horisontal. Secara otomatis tampilan layar berubah mengikuti posisi ponsel Android tersebut.

Internet pada Android

Ponsel Android selalu dihubungkan langsung dengan internet baik melalui layanan operator seluler atau juga WiFi. Dengan adanya koneksi internet tersebut, membuat penggunanya dapat terhubungan dengan teman-teman mereka ketika chatting melalui Yahoo Messenger, Facebook, Twitter, Email, dan lainnnya. Browsing menjadi kegiatan yang biasa dilakukan menggunakan smartphone Android. Membuka Google Maps, berdiskusi pada berbagai forum di internet menjad hal yang mudah.

Kamera dan Video pada Android

Kamera pada ponsel Android sudah menjadi bagian standar seperti pada jenis smartphone lainnya. Pengguna dapat mengambil gambar menggunakan lensa kamera yang sudah terpasang pada handphone Android tersebut. Selain itu, gambar langsung dapat diedit menggunakan aplikasi yang tersedia didalamnya. Memutar video menjadi hal biasa pada ponsel yang menggunakan Android.

Telpon Menggunakan Android

Hal yang menarik adalah, penggunaka dapat melakukan panggilan telpon menggunakan video, dimana antar penggna dapat saling bertatap muka, seakan-aan sedang dalam jarak yang dekat.

Baca juga : BBM untuk Android

Aplikasi Android

Karena Android dapat digunakan secara gratis, maka aplikasinya pun dapat diunduh dan digunakan pada ponsel tablet, smartphone pengguna. Banyak sekali aplikasi yang dapat diunduh di internet secara bebas.

Anda dapat searching melalui mesin pencari Google dengan mengentikkan kata kunci yang anda inginkan. Maka anda akan melihat daftar aplikasi Android gratis ataupun berbayar yang jumlahnya tentu tidak sedikit. Pilihlan aplkasi android terbaik yang anda perlukan yang telah disesuaikan dengan versi Android yang anda gunakan pada ponsel.

Apabila ada aplikasi yang ingin anda install namun tidak sesuai dengan bersi yang anda punya, maka anda perlu meningkatkan dulu versi android anda. Anda bisa mengikuti cara upgrade android dengan mudah disini.

Demikian ulasan singkat mengenai apa itu Android, semoga dapat membantu anda mengerti cara penggunaannya dan juga mempertimbangkan ketika akan membeli ponselnya.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •