8 Sebab Mengapa Web Untuk Bisnis Tidak Disukai Pengunjung

7 Sebab Mengapa Web Untuk Bisnis Tidak Disukai Pengunjung – Maraknya penggunaan perangkat telekomunikasi seperti tablet, smartphone dan laptop oleh banyak orang, membuat pemilik usaha wajib untuk memiliki website dan blog bisnis. Salahs atu strategi marketing online untuk meningkatkan penjualan serta keuntungan dengan cara yang efieisn dan efektif. Tapi justru mengapa situs anda tidak sesuai dengan yang diharapkan yaitu naiknya jumlah penjualan. Apa ada yang salah dengan desain dari web tersebut. Bisa jadi.

Membuat Website Untuk Bisnis Harus Memperhatikan Desain Yang Baik

Web yang digunakan untuk keperluan bisnis rumahan modal kecil,cari uang di internet atau lainnya pada dasarnya digunakan untuk menyampaikan pesan mengenai usaha (barang atau jasa) kepada pengunjung. Agar pesan yang ada dalam situs dapat diterima dengan baik, maka pembuatan desain web bisnis harus memperhatikan kenyamanan pengunjung ketika mengakses setiap halaman yang ada.

Web Untuk Bisnis
Melakukan analisa mengenai kinerja web untuk bisnis sangat penting. Hal ini dilakukan agar dapat dilakukan perbaikan bila penjualan bisnis lewat internet tidak sesuai dengan harapan.

Blogwalking Dapat Menambah Referensi Mengenai Desain Untuk Web

Ketika akan memulai mendesain web atau blog untuk bisnis, sebaiknya mencoba untuk berpikir sebagai pengunjung itu sendiri. anda bisa berkunjung ke situs-situs yang satu jenis dengan usaha yang anda jalankan atau biasa diistilahkan dengan blogwalking. Anda bisa rasakan bagaimana ketika menjelajah setiap halaman. Anda dapat menilai sendiri, apakah anda puas melihat desain dari situs tersebut. Bagaimana kesan pertama kali ketika membuka halaman web tersebut. Apa kekurangan dari situs yang anda lihat tadi. Dengan cara seperti ini, maka anda dapat meniru kelebihan dari situs tersebut dan membuat perbaikan dari sisi kekurangannya.

Bagaimana Cara Menyampaikan Pesan Melalui Web Bisnis

Pesan yang disampaikan ke setiap pengunjung situs bisa dalam berbagai bentuk diantaranya :

  • Teks. Berupa kalimat dan kata-kata yang sangat mudah dipahami oleh setiap pengunjung web.
  • Gambar. Gamar dapat mewakili teks dalam bentuk lain. Gambar yang ditampilkan dapat berupa gambar tunggal atau bisa juga yang berisi gambungan gambar dan teks yang biasa di sebut dengan infografik.
  • Video. Pesan dalam bentuk film saat ini semakin banyak digunakan dalam web. Video dapat digunakan untuk menampilkan pemilik atau manajer bisnis yang menyampaikan penjelasan mengenai jenis usaha yang ditawarkan. Menampilkan visual produk dari berbagai sisi dapat membantu calon pembeli untuk mengetahui seperti apa barang yag akan dibeli.
  • Slide. Slide dapat digunakan untuk menampilkan teks atau gambar, bahkan juga dapat dimasukkan file berupa video. Slide memberi penjelasan mengenai produk atau juga jasa yang berkaitan dalam satu file yang di gabung dalam halaman web.
  • Animasi. Cara lain untk menyampaikan pesan dalam bentuk yang lebih menarik dan unik. Animasi dapat digunakan untuk memberi keterangan mengenai layanan atau juga cara pemesanan barang. Gambar animasi dapat memanfaatkan gambar pemilik usaha dalam bentuk kartun.

Elemen Website Bisnis Modal Kecil Yang Harus Ada

Anda bisa menggunakan salah satu dari cara diatas untuk menampilkan pesan melalui web bisnis anda. Semuanya disesuaikan dengan kebutuhan tanpa mengurangi tujuan dari meningkatkan strategi pemasaran di internet yang efektif dan efisien.

Mengapa Web Bisnis Tidak Dapat Meningkatkan Penjualan

Setelah anda memiliki web, maka sebaiknya dilakukan analisa untuk mengetahui seberapa baik kinerja website tersebut di internet. Anda dapat menggunakan fasilitas gratis yang dimiliki oleh Google yaitu Google Analytics. Dari tool tersebut, anda bisa mengetahui berapa banyak pengunjug yang mampir di situs yang anda miliki untuk waktu-waktu tertentu. Bagaimana mereka pertama kali bisa datang ke halaman web anda dan beberapa hal lainnya.

Salah satu penilaian dari Google Analytics yang dapat dimanfaatkan untuk mengetahui seberapa baik kinerja blog anda adalah “Bounce Rate“. Bounce rate adalah nilai persentasi pengunjung yang melihat halaman anda dan langsung beralih ke situs lain tanpa membuka halaman lain dari web anda sendiri. Semakin tinggi nilai bounce rate, maka semakin buruk halaman dari website bisnis anda dimata pengguna karena mereka tidak ingin melihat halaman lain untuk mengetahui lebih banyak mengenai penjelasan yang anda berikan.

7 Website Gratis Untuk Pemasaran Online Lewat Internet

Apabila website anda mengalami hal seperti dibawah ini :

  • Tingkat bounce rate web bisnis tinggi.
  • Tingkat penjualan tidak sebesar yang diharapkan.
  • Sedikit jumlah pengunjung yang menghubungi anda.

Bisa jadi blog bisnis anda mendapatkan nilai yang buruk dan tidak disukai oleh pengunjung. Tentu saja hal ini akan berakibat pada jumlah penjualan. Semakin tidak disukai blog anda dimata pengunjung, maka penjualan yang dilakukan juga tidak akan bertambah atau stagnan.

Cara Memperbaiki Web Bisnis Agar Penjualan Dapat Bertambah

Dari sini anda bisa mencoba untuk memperbaiki tampilan dan isi dari website untuk menjual barang dan layanan, dengan memperhatikan beberapa hal dibawah ini.

Navigasi

Navigasi website berguna untuk memudahkan pengunjung untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam website dengan mudah. Semakin mudah navigasi dalam website, maka akan semakin mudah pengunjung mendapatkan pesan yang ada dalam situs tersebut.

Navigasi dapat berupa menu yang ada dibagian atas isi atau kontent website. Atau juga dapat diletakkan dibagian sisi sebelah kanan atau kiri. Sebaiknya indari menu pada bagian bawah, karena pengunjung akan mengira bahwa web anda sulit untuk ditelusuri karena tidak ada link untuk membuka halaman lain.

Loading Yang Berat

Salah satu alasan mengapa pengunjung senang membuka situs tertentu adalah seberapa cepat web tersebut dapat diakses. Semakin cepat loading web bisnis, maka akan semakin senang pengunjung untuk melihatnya. Karena apabila web sangat susah dibuka karena terlalu berat, tentu saja mereka akan beralih untuk membuka situs milik orang lain, dan bisa jadi itu adalah pesaing anda.

Terlalu Banyak Kalimat

Teks merupakan bagian penting yang sebaiknya digunakan untuk menyampaikan pesan kepada pengunjung. Namun jumlah teks atau kalimat sebaiknya tidak terlalu banyak. Hal ini untuk menghindari mata letih karena membaca terlalu panjang. Akibatnya tentu saja pesan tidak akan tersampaikan kepada mereka dengan efisien.

Tidak Dapat Diakses Dari Smartphone Atau Tablet

Saat ini cara membuka website bisnis dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai alat. Laptop atau komputer desktop merupakan alat tradisional yang sudah digunakan sejak lama untuk melakukan browsing. Namun saat ini penggunaan gadget seperti smartphone dan juga tablet semakin banyak, dan alat tersebut juga dimanfaatkan untuk mencari informasi dari website.

Tampilan website pada laptop yang memiliki ukuran layar lebar akan berbeda dengan ponsel serta tab dengan layar yang kecil. Apabila website menggunakan desain yang hanya bagus untuk ditampilkan pada laptop, maka pada smartphone akan tampail dalam bentuk yang terlalu lebar dan berat.

Sebaiknya gunakan desain template website bisnis yang dapat diakses melalui perangkat dengan layar yang kecil. Istilahnya template website yang responsif.

Semakin mudah diakses melalui gadget, maka akan semakin besar pengunung yang mampir ke website anda. Dan potensi penjualan yang akan terjadi akan semakin besar.

Hindari Pop Up

Pop Up adalah halaman website yang keluar secara otomatis dan tidak diharapkan pada saat pengunjung membuka halaman baru atau link tertentu. Halaman pop-up seringkali membuat pengunjung menjadi kesal karena menambah beban saat loading dan mengganggu tampilan website. Sebaiknya tidak digunakan tool tersebut apabila memang tidak terlalu penting, bahkan sebaiknya tidak samasekali.

Video Yang Berputar Sendiri

Seperti disebutkan bahwa, cara menyampaikan pesan dapat dilakukan melalui video. Namun pengunjung bisa kesal ketika mendapatkan ada video yang berputar atau play secara otomatis Karena belum tentu pengunjung menginginkan untuk melihat video tersebut. Memainkan video berarti meambah beban loading dan juga menyedot bandwith internet.

Jangan Membuat Desain Blog Seperti Ini Agar Tidak Dijauhi Pengunjung

Susahnya Menghubungi Layanan Pelanggan

Pada saat pengunjung menginginkan informasi lebih banyak dibandingkan yang diperoleh melalui website, biasanya mereka akan menghubungi anda atau layanan pelanggan yang ada. Namun pada saat mereka tidak menemukan email, nomor handphone atau telpon, alamat, sosial media, akun chatting dan lainnya, maka pengunjung menilai website anda sia-sia untuk dikunjungi kembali.

Sebaiknya tampilkan alamat yang mudah untuk dihubungi seperti :

  • Nomor Telpon. Nomor penting yang harus ada dalam website bisnis. Dengan adanya norhor handphone, akan memudahkan pengunjung menghubungi anda dengan cara verbal seperti berbicara atau juga dengen tekstual seperti SMS.
  • Alamat email. Jangan sampai ada kesalahan dalam menuliskan email anda. Sebaiknya email dapat diakses dengan cara membuat link aktif agar pengunjung tidak salah dalam mengetik alamat tersebut.
  • Chatting. Yahoo Messenger saat ini merupakan fasilitas yang paling mudah dan umum dimanfaatkan sebagai cara menghubungi pemilik bisnis. Dengan chatting, maka dapat dilakukan obrolan secara langsung baik dengan cara tekstual atau juga visual melalui video conference.
  • Sosial Media. Jaringan perteman seperti Facebook, Twitter, Linkedn, merupakan fasilitas online gratis yang semakin populer idgunakan untuk komunikasi bisnis. BlackBerry Messenger menjadi fasilitas yang ada pada gadget dan tentu saja bermanfaat, memberikan pin BB dapat membantu pengunjung menghubungi anda melalui gadget.
  • Beberapa akun lain yang dirasa perlu dan sesuai dengan karakteristik dari pengunjung website.

Cara Membeli Barang Atau Jasa Yang Rumit

Setelah pengunjung bisa melihat dan mendapatkan pesan serta cara membeli produk, maka langkah yang paling penting adalah melakukan transaksi. Namun pengunjung bisa saja enggan membeli produk dari anda ketika mengetahui bahwa prosedur pembelian sangat rumit dan membingungkan.

Sebaiknya anda membuat cara agar pengunjung dapat dengan mudah membeli barang dari anda walaupun tidak pernah bertatapan langsung. Karena dengan fasilitas online di internet, kemungkinan tatap langsung akan semakin kecil tapi tidak mengurangi tingkat transaksi dan penjualan.

Dengan memperhatikan bagaimana cara membuat web untuk bisnis dengan baik seperti diatas dan juga mengatasi kekurangan desain dan elemen situs yang ada, setidaknya anda telah membantu pengunjung dengan memberika layanan yang paling baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *