6 Cara SUKSES Jualan Online Tanpa Modal Dan Stok Barang

Bagikan Artikel Ini :

Jualan Online Tanpa Modal Dan Stok Barang – Kebanyakan orang terutama pemula berpikir bahwa memulai bisnis harus memiliki modal dan produk. Ternyata ada cara bisnis online tanpa modal dan stok barang yang terpercaya dan telah menghasilkan banyak pengusaha sukses. Berikut cara jitu agar anda juga bisa menjadi usahawan tanpa memerlukan dana investasi untuk produk.

6 Cara SUKSES Jualan Online Tanpa Modal Dan Stok Barang

Dropship adalah jawaban dari cara jualan online tanpa memerlukan modal dan stok barang. Cara bisnis online seperti ini sedang trend terutama dilakukan oleh para pengusaha muda. Bahkan ini termasuk usaha rumahan yang menjanjikan kesuksesan.

Apa Itu Dropship?

Dropship/dropshipping adalah cara penjualan retail dimana pihak penjual tidak memiliki stok barang. Penjual (dapat disebut juga sebagai dropshipper atau reseller) hanya melakukan promosi dan pemasaran kepada pelanggan. Bila terjadi pembelian, maka penjual membeli dari pihak ketiga (sebagai pemilik barang) dan langsung dikirimkan kepada pembeli. Sehingga penjual tidak pernah melihat proses penanganan barang atau produk. Pada situasi ini, penjual dapat disebut sebagai perantara.

Seperti telah dijelaskan diatas, bahwa penjual atau dropshipper lebih fokus melakukan promosi, pemasaran dan menjaring pembeli hingga terjadi transaksi.
Ketika ada transaksi, dan pihak pembeli telah mengirimkan dana kepada penjual, maka penjual menghubungi pemilik barang untuk membeli barang sesuai pesanan pembeli dan memintanya untuk mengirim ke lokasi pembeli.

Keuntungan Bisnis Online Sebagai Dropshipper

Sebagai dropshipper, maka anda dapat melakukan bisnis tanpa modal namun tetap bisa berjualan secara online. Bahkan anda dapat memperoleh keuntungan hanya dengan usaha kecil dari rumah saja.

Selain itu anda juga terhindar dari kerugian akibat investasi alat dan barang produksi. Andaikan usaha anda tidak berjalan dengan baik, paling anda mengalami kerugian waktu dan biaya promosi yang relatif kecil.

Menarik untuk dibaca :  Cara Jualan Online Laris Manis Tanpa Modal Besar Tapi Laku Banyak

Dengan bisnis jualan online tanpa modal dan stok barang, anda tidak memerlukan ruang khusus seperti kantor. Alat penting yang anda butuhkan adalah gadget baik berupa smartphone atau laptop. Hanya dengan smartphone, anda dapat berjualan online dari mana saja selama ada koneksi internet.

Tips SUKSES Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang

Apabila anda tertarik untuk menjalani usaha ini, anda sebaiknya mengikuti cara memulai bisnis online dari nol menjadi dropshipper atau reseller online shop tanpa modal yang sederhana berikut ini.

Langkah awal memulai usaha bagi pemula termasuk bisnis online seringkali membingungkan. Maklum tanpa ada pengalaman membuat banyak orang bingung untuk menentukan langkah pertama. Sebagai contoh, anda bisa mencoba jualan baju online atau produk lain yang sesuai dengan minat anda.

Dalam penjelasan dibawah ini, anda boleh memulai dari nomor 1 atau 2 dulu, tergantung bagaimana anda berusaha untuk memahami produk dan pasar yang akan anda hadapi.

1. Menentukan Pasar

Memahami produk apa yang dibutuhkan pasar sangatlah penting, agar anda tidak buang-buang waktu menjual barang secara online yang sebenarnya tidak dibutuhkan pembeli.

  • Lakukan riset di marketplace. Perhatikan produk yang banyak diminati dari toko online sepert Bukalapak, Tokopedia, Shopee dll.
  • Membaca berita atau informasi update dari media online.
  • Analisa lewat Google Trend
  • Analisa menggunakan pencari kata kunci

2. Tentukan Produk Yang Akan Dijual

Ada beberapa faktor yang harus anda perhatikan ketika menentukan produk yang akan dijual secara online.

  • Pilih produk yang banyak pembelinya atau dibutuhkan banyak orang.
  • Apabila mampu, hindari memilih produk yang banyak pesaing atau kompetitor.
  • Pilih produk yang tidak mudah rusak baik karena umur (busuk) atau akibat guncangan atau benturan saat pengiriman. Hal ini untuk menghindari komplain dari pembeli dan menjaga nama baik anda.
  • Pastikan produk yang anda pilih tidak melanggar aturan atau ilegal, agar bisnis online anda berjalan dalam jangka waktu yang panjang.
  • Jangan menjual produk dari banyak kategori. Supaya anda dapat fokus promosi dan marketing secara efisien dan menghasilkan banyak transaksi.
Menarik untuk dibaca :  8 Bisnis Rumahan Ibu Rumah Tangga Dengan Modal Kecil dan Menjanjikan

3. Mencari Pemasok yang Dapat Dipercaya

Agar bisnis jualan online tanpa modal & stok barang anda lancar dan sukses, anda harus memiliki pemasok yang dapat diandalkan dan dipercaya.

Beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat memilih supplier dropship

  • Produk yang dikirim harus memiliki kualitas yang anda harapkan (terbaik)
  • Pengiriman produk harus baik dari segi pengemasan, waktu pengiriman dan keamanan barang (tidak rusak)
  • Pilih pemasok yang jujur dan tidak merebut pelanggan anda secara sengaja.
  • Pemasok dapat diandalkan dalam memberi respon permintaan, kontak secara cepat
  • Pastikan pemasok memiliki sistem penjualan yang jelas seperti apakah harga harus dinaikkan oleh anda, apakah anda akan mendapat komisi tanpa menaikkan harga dan lainnya. Bicarakan secara mendetil sistem kerjasama yang akan dilakukan.
  • Pastikan pemasok memiliki stok yang dapat diandalkan apabila ada pesanan di kemudian hari.

Tempat mencari supplier atau pemasok jualan online terlaris tanpa modal dan stok barang :

  • Forum diskusi : Kaskus, Ads.id
  • Sosial media : Facebook personal, FB Fanpage, Instagram, Twitter dll
  • Konvensional secara offline : Pertemanan, seminar, perkumpulan, organisasi

4. Lakukan Promosi Jualan Online

Tips jualan online – Dikarenakan anda melakukan jualan online, maka promosi yang anda lakukan juga secara online. Promosi online, pemasaran atau internet marketing yang dapat anda lakukan melalui Website atau toko online yang anda buat sendiri, mendaftar di marketplace, Facebook, FB fanpage, Instagram, Twitter, Forum online jual beli, Youtube, dll.

5. Jaga Hubungan Baik dengan Supplier

Agar pasokan barang dan layanan dari pemasok tetap lancar, anda harus dapat menjaga hubungan baik.

6. Pemasok Lebih Dari Satu

Dikarenakan hidupnya bisnis cara jualan online tanpa modal dan stok barang anda sangat tergantung dari pemasok, maka sebaiknya jangan mengandalkan HANYA SATU pemasok saja. Pastikan anda memiliki beberapa supplier agar usaha online anda tetap lancar apabila ada masalah dengan salah satu pemasok anda.


Bagikan Artikel Ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *