4 Elemen Di Website Bisnis Modal Kecil Untuk Meningkatkan Penjualan

4 Faktor Di Website Bisnis Modal Kecil Yang Harus Anda – Salah satu strategi pemasaran peluang usaha adalah dengan menggunakan website atau blog. Dengan semakin pentingnya peranan gadget seperti smartphone, tablet atau juga laptop yang didukung dengan koneksi internet, membuat banyak orang mencari informasi secara online. Namun agar website atau blog bisnis memberikan kinerja yang baik terhadap keuntungan dan pertumbuhan peluang usaha modal kecil anda, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti dibawah ini.

Website Bisnis Modal Kecil
Elemen apa saja yang sebaikny ada adalam sebuah website yang dimanfaatkan bisnis modal kecil untuk membantu peningkatan penjualan produk dan jasa

Pentingnya Peranan Web dan Blog Bisnis Dalam Meningkatkan Penjualan

Perkembangan teknologi komunikasi yang berbasis internet semakin tinggi dan cepat perubahannya. Perkembangan teknologi internet baru-baru ini ditunjukkan dengan banyaknya operator penyedia jasa internet yang bermigrasi dari teknologi 3G menjadi 4G. Dengan berubahnya teknologi ini, ditandai dengan semakin cepatnya koneksi yang dirasakan para pengguna. Browsing halaman situs akan terasa semakin cepat. Streaming video semakin lancar tanpa terputus-putus atau ditandai dengan sedikitnya buffering. Download file juga tidak harus menunggu lama. Sementara melaukan pencarian menggunakan search engine untuk mencari informasi atau membeli barang akan semakin lebih mudah.

Kondisi diatas sangat membantu terhadap kemajuan usaha baik bisnis perorangan untuk mendapatkan uang dari internet atau juga korporasi. Dimana pemilik usaha dapat berbisnis menjadi lebih efektif dan efisien terutama dalam soal pemasaran. Dimana strategi bisnis dengan mengandalkan internet marketing sudah tidak bisa dihindari lagi apabila ingin memenangkan pertarungan dalam hal bisnis.

Manfaat Memiliki Website Untuk Keperluan Bisnis

Kelebihan dari bisnis menggunakan website adalah, usaha anda akan lebih mudah untuk diketahui. Karena para pengunjung situs dapat mengetahui seperti apa usaha yang sedang anda lakukan. Pengunjung hanya perlu membaca isi atau konten dari situs atau blog tersebut. Tidak lagi dengan cara lama dimana calon pelanggan harus melakukan hubungan telepon untuk mengetahui mengenai usaha yang ditawarkan.

Web tersebut layaknya seorang resepsionis atau customer officer yang bekerja selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu selama situs tersebut tidak down. Itu sebabnya mengapa saat ini banyak pemilik usaha yang sebaiknya mengerti bagaimana cara membuat website untuk toko online. Karena dengan memiliki online store, layaknya perusahan anda dapat dihubungi setiap saat.

Web Untuk Bisnis Dapat Menggunakan Fasilitas Gratis

Ketika anda mulai memiliki keinginan untuk membuat website yang digunakan untuk membantu pemasaran usaha, anda tidak perlu berpikir terlalu rumit. Karena masih banyak yang berpikir bahwa sebuah web peluang usaha itu harganya pasti mahal. Pendapat tersebut tentu saja salah. Karena sebenarnya web atau blog untuk bisnis dapat menggunakan fasilitas gratis yang ditawarkan di internet (baca : Daftar Blog Gratis Di Internet).

Cara Membuat Blog Gratis Di WordPress Untuk Jualan

Perbandingan Website Gratis dan Berbayar

Apa saja yang berbeda dari website gratis dan berbayar? Tentu saja, cara membuat website gratis yang ditawarkan secara online memiliki keterbatasan bila dibandingkan dengan situs yang menggunakan fasilitas berbayar. Dimana website yang megharuskan penggunanya mengeluarkan sejumlah uang memiliki feksibilitas dalam soal pengaturan dan desain. Bahkan disebut-sebut web berbayar memiliki keunggulan dalam soa kemudahan dicari oleh pengguna internet, walaupun hal ini masih bisa diperdbatkan.

Web yang mengharuskan penggunanya untuk mengelurkan sejumlah dana adalah untuk membeli nama domain (seperti betabicara.com) dan juga fasilitas hosting (tempat untuk menyimpan file-file web). Namun sebenarnya harga yang dibayarkan tidak terlalu mahal bila dibandingkan dengan potensi keuntungan yang akan diperoleh dari bisnis yang memanfaatkan web.


Tips Membuat Website Untuk Pemula Yang Mudah

Berapa Harga Website Untuk Bisnis?

Sebagai hitungan. Harga sebuah domain dapat berkisar antara Rp. 100.000 hingga 200.000 rupiah atau lebih (untuk masa satu tahun) tergantung dari domain. Sedangkan harga hosting dapat berkisar antara Rp. 200.000 hingga jutaan (untuk masa layanan 1 tahun) tergantung dari tempat anda membeli jasa hosting, ukuran kapasitas simpan file dan beberapa layanan lainnya.

Elemen Yang Harus Ada Pada Sebuah Website Bisnis Dengan Modal Kecil

Website dan blog merupakan beberapa senjata andalan dari banyaknya perangkat di internet (selain Facebook, Twitter, Linkedn, Pinterest Google Plus dll) yang sebaiknya dimiliki oleh pemilik usaha. Dan yang paling perting diperhatikan adalah bagaimana cara membuat website untuk bisnis yang baik, yang tentu saja bertujuan untuk meningkatkan penjualan.

Pembuatan website bisnis pada dasarnya tidak berbeda dengan membuat web untuk keperluan lain. Namun ada beberapa faktor penting yang harus ada dalam situs atau blog bisnis yang akan dbuat.

Merek

Saat ini citra yang baik dapat mengangkat kepercayaan calon konsumen dan juga pelanggan terhadap layanan jasa atau produk yang anda jual. Oleh karena itu, pada saat membuat website, sebaiknya anda sudah mempersiapkan sebuah nama yang dapat digunakan sebagai merek atau brand dari usaha modal kecil atau bisnis tanpa modal sekalipun.

Merek atau brand yang anda gunakan sebaiknya yang nyaman untuk diucapkan dan mudah untuk diingat. Selain itu, merek tersebut setidaknya memberi gambar yang mewakili dari jenis usaha yang anda jalankan. Nama merek sebaiknya tidak terlalu panjang, cukup sedikit kata agar mudah diingat.

Setelah anda memiliki merek yang dipilih, nama tersebut dapat digunakan sebagai domain dari web bisnis. Dengan cara ini, maka pegguna dapat dengan mudah untuk menemukan situs anda pada saat akan melihat perkembangan informasi seperti adanya diskon, produk atau jasa baru dan lainnya.

Desain Yang Sederhana

Webste bisnis atau blog usaha dibuat dengan maksud untuk menyampaikan pesan kepada pengunjung situs dengan mudah. Kemudahan untuk mendapatkan pesan, petunju, instruksi dan penawaran merupakan syarat yang harus ada dalam bisnis yang menggunakan website.

Pemilik usaha harus mampu membuat desain sebuah web dengan navigasi yang mudah untuk ditelusuri antar halaman. Struktur yang baik merupakan keharusan dari sebuah layout web.

Berikut ini elemen penting yang sebaiknya ada dalam desain situs bisnis :

  • Halaman About. Dimana pada halaman ini menerangkan siapa anda.
  • Halaman Produk Aau Jasa. Halaman ini menerangkan apa yang anda tawarkan baik barang atau layanan.
  • Cara Memesan. Menerangkan bagaimana tata cara untuk dapat membeli produk dari anda.
  • Kontak. Tentu saja bagaimana cara menghubungi usaha adalah hal penting. Email, nomor telpon, alamat, peta, fasilitas chatting, sosial media dan lainnya yang digunakan sebagai cara menghubungi pemilik usaha.
  • Peta Situs. Peta situs dapat dimanfaatkan agar pengguna dapat mengetahui hal-hal penting lain yang sebelumnya merek tidak ketahui.

Mobile Desain

Dikarenakan saat ini pengguna internet tidak hanya memanfaatkan komputer atau laptop untuk mencari dan megunjungi situs bisnis online, maka sebaiknya website dapat dilihat melalui peralatan seperti smartphone dan tablet. Karena ukuran ponsel pintar dan tab lebih kecil dibandingkan dengan laptop, maka tampilan dari desain situs akan berbeda. Dimana mereka yang melihat internet menggunakan smartphone akan melihat tampilan desain situs yang cenderung lebih sederhana dan lebih sesuai dengan perangkat yang digunakan

Tampilan Visual Yang Menarik

Tampilan sebuah website walaupun digunakan untuk bisnis harus tetap menarik untuk dilihat. Salah satu elemen yang tidak boleh dilupakan dari sebuah web untuk penjualan online adalah dengan menggunakan gambar dan tampilan visual yang menarik.

Gambar seperti logo merupakan hal penting yang sebaiknya ada dalam web atau blog. Jenis huruf yang sesuai bisa menjadi pilihan untuk membuat desain yang menarik dan juga membantu pengunjung untuk dapat membaca denga mudah. Kombinasi warna yang sesuai dengan jenis bisnis tidak boleh dilupakan, karea hal tersebut dapat mempengaruhi sisi psikologis dari pengunjung.

Anda dapat juga memanfaatkan foto-foto yang diambil pada saat kegiatan bisnis anda berlangsung. Suasana kantor, keramaian pada saat pameran, karyawan anda saat melayani pelanggan dapat membantu pelanggan untuk lebih yakin terhadap bisnis yang anda tawarkan.

Hanya dengan memperhatikan beberapa hal kecil diatas setidaknya website bisnis modal kecil yang anda miliki sudah siap untuk bekerja dalam rangka mendapatkan sukses usaha.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *