3 Langkah Penting Mendapatkan Ide Peluang Bisnis Baru Yang Kreatif

3 Langkah Mendapatkan Ide Peluang Bisnis Baru Yang Kreatif – Salah satu langkah besar untuk bisa menjadi wirausaha sukses adalah mendapatkan ide yang tepat. Tapi ternyata, mendapatkan ide bisnis yang bagus tidaklah mudah. Banyak pemula dan karyawan yang bingung harus bagaimana cara mendapatkan ide peluang usaha yang bisa membantu mereka sekses sebgai wirausahawan.

Pendapat Yang Salah Mengenai Ide Peluang Bisnis Baru

Banyak sekali yang berpendapat bahwa, agar bisa sukses menjadi wirausaha harus dimulai dari ide bisnis yang cemerlang. Ternyata pendapat tersebut tidak selalu benar. Akibatnya banyak pemula yang ingin memulai usaha terjebak untuk berusaha keras menjadi ide-ide bisnis baru yang bagus. Sampai-sampai tidak berani mulai menjalankan usaha sebelum mendapatkan ide peluang bisnis yang bagus. (Baca : Cara Memulai Bisnis Tanpa Modal)

Cara Mendapatkan Ide Bisnis Baru
Cara mendapatkan info ide peluang usaha baru yang menjanjikan dan menguntungkan dapat dilakukan dengan 3 cara sederhana ini saja.

Padahal kunci keberhasilan dari sebuah bisnis masa kini adalah, dapat memenuhi kebutuhan pasar. Kebanyaan bisnis baru yang sukses saat ini adalah berdasarkan dari ide yag sudah ada, baik produk atau jasa yang telah mengalami perubahan atau perbaikan dari sisi penawaran. Sehingga bisnis tersebut terlihat seperti baru di pasaran.

Pengalaman hidup seseorang dapat membentuk sikap dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Dari dari sinilah sebaiknya titik mula untuk anda mulai mencari ide bisnis baru. Untk mendapatkanya anda perlu untuk memiliki pikiran logis dan pencarian secara sistematis, termasuk melakukan riset dan survey terhadap kondisi pasar saat ini. Yang kemudian ide selanjutnya akan mengalir terus dengan melahirkan macam-macam ide lainnya.

Cara Mendapatkan Ide Usaha Yang Baru Dan Tetap Menguntungkan

Berikut ini ada tiga langkah penting untuk mendapatkan ide bisnis yang baru yang dapat diterapkan pada riset anda sendiri.

Ide Bisnis Baru Berdasar Kemampuan yang Anda Miliki

Tantangan di depan mata akan lebih mudah untuk dihadapi bila seseorang memiliki ilmu atau kemampuan yang sesuai dengan yang dibutuhkan. Atau juga, kemampuan atau skill seseorang dapat digunakan untuk memilih jalan yang akan dihadapi berdasarkan apa yang telah dimiliki. Begitu juga dengan cara membuka bisnis sendiri.

Dengan melihat apa yang telah dilakukan berdasarkan pengalaman pada masa lalu, mungkin anda telah membangun kemampuan tersendiri dalam karir dan pekerjaan yang menjadi kekuatan bisnis di masa depan. Ketika pengalaman karir anda sangat beragam, seperti bekerja untuk perusahaan yang berbeda dan memasuki jenis pasar yang berbeda. Anda bisa menilai, mana jenis pekerjaan yang paling anda sukai dan dapat dinikmati sepanjang karir tersebut. Dari hal tersebut, anda bisa mencoba untuk mengambil intisari pengalaman masa lalu untuk dijadikan landasan ide bisnis sampingan karyawan baikskala besar atau usaha modal kecil yang akan dibangun.

Proses pencarian ide dapat dilakukan secara bebas dan liar untuk bisa mendapatkan apa yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Begitu juga jangan membatasi pemikiran untuk melihat pengalaman-pengalaman yang telah dilakukan pada masa lalu atau ketika masih bekerja diperusahaan. Lihat keterampilan lain yang pernah Anda kembangkan di masa lalu.

Secara khusus, apa yang paling anda nikmati ketika Anda tidak bekerja. Dan apa yang akan senang anda lakukan untuk menghabiskan waktu lebih banyak? Bisa jadi olahraga, kerja sukarela atau hanya sekedar hobi. Menciptakan bisnis yang berfokus pada hobi bisa membuat pekerjaan yang sangat memuaskan di masa depan.

Ide Usaha : Melihat Apa Yang Sedang Terjadi Saat ini

Stelah melihat apa yang telah dilakukan pada masa lalu. Saatnya untuk melihat situasi dan kondisi sedang berjalan pada saat ini berhubungan dengan ide bisnis yang sedang dicari.

Pertama, anda bisa melihat jenis bisnis (baca: Jenis jualan Online Paling Laku) yang sedang tumbuh atau trend pada saat ini untuk bisa mendapatkan inspirasi. Cari jenis bisnis yang sedang tumbuh dengan baik dan bisa memberikan anda ruang untuk bisa ikut berhasil didalamnya.

Melihat lingkungan sekitar untuk mengetahui kesempatan-kesempatan bisnis dari perubahan-perubahan sedang terjadi. Anda bisa menjawab pertanyaan berikut :

  1. Apakah kebutuhan pasar tertentu telah dipenuhi secara memuaskan?
  2. Anda bisa mencoba mencari tahu berapa besar pasar yang ada terhadap kebutuhan barang dan jasa tertentu.
  3. Berapa banyak pemilik usaha sudah lerlibat untuk memenuhi pasar produk dan jasa tersebut.
  4. Apakah ada celah untuk anda merebut pasar yang ada dengan mengikuti pola bisnis yang telah berkembang
  5. Apakah anda masih bisa untuk menjadi pemain di pasar tersebut dengan melakukan beberapa modifikasi terhadap barang, jasa serta pelayanan yang lebih baik?

Usia Bisnis Yang Panjang

Menjalankan bisnis akan lebih baik bila dapat memberikan keuntungan dalam jangka waktu yang panjang. Karena membangun bisnis yang sukses seringkali tidak dapat dilakukan dalam waktu yang singkat. Tentu saja akan banyak menghabiskan uang dan waktu untuk membangun bisnis baru dalam jangka waktu tertentu yang belum tentu memberikan hasil memuaskan.

Saat ini perubahan dapat terjadi dalam waktu singkat. Begitu juga dengan dunia usaha yang dapat berubah dari kebutuhan terhadap barang dan jasa tertentu terhadap jenis lainnya. Hal ini terjadi dikarenakan dengan berkembangkan dunia informasi terutama internet. Dengan mudahnya menggunakan internet melalui smartphone, tablet dan laptop, setiap orang dapat mengetahui berita yang terjadi di belahan dunia lain hanaya dalam waktu hitungan detik. Informasi yang berkembang di internet bisa menjadi kunci seseorang untuk bisa mendapatkan ide bisnis baru sebelum didahului oleh orang lain.

Oleh karena itu, selalu update dengan informasi terkini menjadi sangat penting agar bisnis yang ingin dibangun tidak ketinggalan jaman. Baik dari segi barang yang akan dibuat, jenis jasa yang ingin ditawarkan, serta bagaimana melayanai pelanggan dengan cara yang dapat diterima berdasarkan situasi dan kondisi saat ini.

Pada akhirnya, apapun jenis ide bisnis terbaru yang ingin diterapkan dalam kehidupan anda. janga pernah terlepas dari seberapa puas anda untuk melakukannya. Karena hanya dengan memperhitungkan seberapa besar untung dan rugi yang akan didapatkan, belum tentu seseorang merasa bahagia menjalaninya. Karena semakin bahagia seseorang memiliki bisnis sendiri, akan semakin langgeng dan bertahan dalam waktu yang lama ide usaha tersebut berjalan.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *