Cara Mudah Mengetik Symbol Pada Keyboard Laptop atau Notebook

Pernah gak anda harus mengetikkan simbol pada saat menulis email atau ketika sedang mengupdate blog, ataujuga ketika menuliskan komentar pada website orang lain? Atau mungkin saat ini sedang bertanya bagaimana cara mengetikkan simbol pada keyboard laptop? Karena banyak sekali lambang, logo atau symbol yang ternyata tidak terdapat pada keyboard laptop komputer anda. Nah ikuti tips ini cara sederhana mengetik simbol pada keyboard atau notebook.

Symbol Tidak Lengkap Pada Keyboard Laptop

Anda pasti baru tersadar bahwa banyak sekali symbol yang tidak terwakili pada keyboard notebook seperti menuliskan lambang keuangan negara tertentu seperty british pound, japanese yen, euro dan lainnya. Atau juga ketika ingin menuliskan derajat celsius, derajat fahrenheit yang ternyata tidak ada huruf o kecil terletak diatas pada keyboard anda. Pada hal caranya gampang sekali .

Cara Mengetikkan Simbol Pada keyboard

Sebenarnya mengetik symbol pada di internet seperti di email, blog, kolom komentar, website, sosial media,facebook sangatlah mudah. Ikuti urutan prosedur berikut ini:

  1. Aktifkan tombol Num lock pada keyboard anda. Pada laptop biasanya dengan mengetkan dua tombol bersamaan, yaitu tombol Fn+Num Lk. Biasanya kedua tombol ini diberi warna biru dengan huruf kecil dibawah huruf putih.

    Tombol Fn + Num Lock

    Tombol Fn + Num Lock

  2. Kemudian ketikkan tombol ALT + kode angka symbol yang anda inginkan (tekan tombol ALT tanpa dilepas, kemudian ketikkan urutan angka satu-persatu. Ketika angkasudah selesai ditekan, lepaskan tombol ALT)
  3. Selesai sudah prosedur tersebut

Contoh :
Anda ingin megetikkan simbol satuan mata uang Jepang, yaitu Japanese Yen : ¥. Urutannya :

  1. Aktifkan tombol NUM LOCK, dengan menekan tombol Fn + Num Lock
  2. Tekan Alt + 0165
  3. Maka akan keluar simbol ¥

Berikut ini kode-kode angka yang harus anda tekan untuk menghasilkan simbol yang anda inginkan. (menyusul)

Mengapa Simbol Tidak Keluar juga? Apa yang Salah

Namun ternyata banyak pengguna laptop, komputer atau internet yang kebingungan sewaktu penekanan ALT+angka, tidak megnhasilkan simbol yang dimaksud. Ini dikarenakan ada KESALAHAN PADA TOMBOL ANGKA YANG DITEKAN. Yang PERTAMA KALI perlu anda perhatikan adalah, letak tombol angka NUM LOCK yang biasa ada pada keyboard anda. Perhatkan gambar dibawah ini.

Ada beberapa jenis keyboard dengan letak tombol angka untuk NUM LOCK di posisi yang berbeda. Perhatikan pada tombol-tombol angka yang diberi garis kuning.

Keyboard Pada PC

Keyboard Pada PC


Keyboard Laptop Model 1

Keyboard Laptop Model 1


Keyboard Laptop Model 2

Keyboard Laptop Model 2

Tombol-tombol angka pada gambar keyboard diatas adalah tombol yang seharusnya ditekan. Perhatikan, posisi tombol angka tersebut berbeda-beda pada jenis laptop yang berbeda. Apabila anda menekan tombol angka pada posisi yang benar, maka simbol akan keluar seperti seharusnya. Selamat mencoba

email
Komentar Anda :

Silahan Komentar Anda :

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.