Awal Puasa 2013 Untuk Ramadhan 1434 Hijriah Versi Muhammadiyah

Tanggal berapa mulai puasa tahun 2013 ini bisa jadi pertanyaan banyak orang yang ingin mengetahui hari pertama puasa 1434 Hijriah. Ada yang sekedar untuk berhitung-hitung tanggal mulai puasa, ada yang juga ingin berhitung kapan THR akan dibagikan dan ada juga yang ingin mengetahui perkiraan tanggal pertama lebaran. Terserah untuk apa anda gunakan informasi hari puasa pertama 2013 ini.

Awal Puasa 2013 Berdasar Kalender Hijriyah

Menentukan mulai puasa selalu mengikuti kalender Islam yang dimulai tanggal 1 Ramadhan. Hanya saja tanggal 1 Ramadhan selalu tidak sama dengan tanggal 1 di tahun masehi. oleh karena perhitungan pada tahun Islam tidak sama dengan perhitungan masehi. dimana perhitungan Kalender Islam atau Kalender Hijriyah mengikuti pergerakan bulan. Sedangkan pada tahun masehi mengikuti pergerakan matahari. Sehingga ada ketidak samaan penanggalan baik untuk penentuan awal bulan atau awal tahun.

Selain itu di Indonesia, penentuan tanggal awal puasa seringkali tidak asam antara beberapa kelompok umat ataupun ormas. Namun hal tersebut tetap dianggap wajar, karena masing kelompok menggunakan caranya masing-masing, dan tidak semua saling menghargai satu sama lain. Termasuk dari salah satu organisasi massa dengan umatnya yang sngat banyak yaitu Muhammadiyah.

Awal Puasa 2013 Muhammadiyah

Muhamadiyah telah menetapkan mulai awal puasa jatuh pada hari Selasa, 9 Juli 2013 masehi. Hasl itu di tetapkan berdasarkan Maklumat Pimpinat Pusat Muhammadiyah Nomor 04/MLM/I.0/E/2013 tentang penetapan hasil hisab Ramadhan, Syawwal dan Dzulhijjah 1434 Hijriyah.

Keputusan atau maklumat tersebut diambil oleh para pimpinan Pusat Muhammadiyan setelah melakukan pengamatan terhadap pergerakan bulan pada saat matahari terbenam di Yogyakarta. Berdasarkan perhitungan yang mereka lakukan maka 1 Ramadhan 1434 H jatuh pada hari Selasa, 9 Juli 2013 Masehi.

Mulai Puasa 2013 Oleh Pemerintah

Bagaimana dengan penetapan tanggal mulai puasa oleh ormas lain seperti NU dan lainya. Sementara ini masih belum didapatkan informasi tersebut. Sedangkan pemerintah sendiri baru mengumumkan tanggal puasa biasanya malam sebelum diperkirakan masuknya bulan Ramadhan. Apabila berdasarkan pengamatan bahwa bulan telah nampak di beberapa bagian wilayah Indoneisa, maka esoknya akan ditetapkan sebagai tanggal 1 Ramadhan. Bila ternyata tidak nampak munculnya bulan, maka hari lusa ditetapkan sebagai awal puasa.

Dengan informasi ini maka anda sudah bisa mempersiapkan kebutuhan keluarga selama bulan puasa anda. Atau mungkin anda justru sudah menyiapkan segala peralatan untuk pulang kampung. Dengan penetapan awal puasa 2013 ini dapat membantu anda mengatur segalanya untuk ibadah yang lebih baik.

email
Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.