12 Manfaat Internet Marketing Online Menggunakan Facebook

12 Manfaat Internet Marketing Online Menggunakan Facebook – Perkembangan teknologi berbasis internet telah merambah berbagai banyak sektor kehidupan. Salah satu bagian hidup manusia yang banyak terkea pengaruh dari berkembanya tekologi informatika adalah bisnis. Dan cara memasarkan produk menggunakan media sosial menjadi tempat yang mulai banyak digunaka oleh pemilik bisnis. Dan berikut ini kelebihan dari memasarkan produk dan jasa menggunakan Facebook.

Pengertian Internet Marketing

Internet marketing adalah usaha memasarkan produk barang dan jasa menggunakan media elektronik atau alat yang ada di internet. Internet marketing sering juga diistilahkan dengan marketing online atau elektronik marketing (e-marketing). Atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai pemasaran online, pemasaran melalui internet, internet marketing.

Media yang digunakan dalam cara berbisnis online yang di internet untuk pemasaran banyak sekali, diantaranya :

  • Website
  • Email
  • Blog
  • Media Sosial
Manfaat Internet Marketing Menggunakan Facebook
Media sosial seperti Facebookmerupakan sarana yang sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai alat pemasaran. Marketing online di Facebook merupakan strategi bisnis yang harus anda pikirkan dan gunakan.

Berbagai Media Sosial Yang Digunakan Untuk Internet Marketing

Media sosial adalah situs atau website yang memungkinkan anggota atau penggunanya dapat saling terhubung dan melakukan interaksi sosial melalui jaringan internet. Antar anggota dapat melakukan pembicaraan, berbagi informasi, membuat jaring pertemanan yang terhubung di seluruh dunia.

Situs yang termasuk dalam kategori medis sosial (kadang disebut juga dengan sosial media / social media) diantaranya adalah :

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedn
  • MySpace
  • Ning
  • Beebo
  • Delicious
  • StumbleUpon
  • FourSquare
  • hi5
  • liveJournal
  • dll

Mengapa Internet Marketing Di Facebook Efektif?

Salah satu fungsi media sosial adalah untuk digunakan sebagai alat pemasaran melalui internet. Tentu saja ini merupakan bagian dari strategi pemasaran yang pasti tidak boleh anda lewatkan. Walaupun anda menjalan kan bisnis rumahan modal kecil, cara ini patut anda pertimbangkan dengan baik. Tentu saja anda akan bertanya, media sosial apa yang bagu digunaka untuk internet marketing atau pemasaran lewat internet?

Sosial media yang mulai ramai dan populer dalam pemasaran online adalah Facebook. Alasan mengapa Facebook sangat tepat digunakan sebagai alat pemasaran di media sosial dan marketing online, karena pengguna Facebook (sebut FB) yang sangat besar dan terus bertambah.

Seperti biasa disebutkan dalam ilmu pemasaran, bahwa memasarkan produk akan memiliki peluang kemungkinan laku bila dlakukan ditempat yang ramai. Begitu juga mengapa pasar (baik tradisional dan modern) menjadi tempat orang melakukan pertukaran uang dan barang. Situasi yang sama dihadapi FB, dengan jumlah user yang luar biasanya banyaknya, dan terdiri dari orang-orang diseluruh dunia, media ini benar-benar menjadi tempat yang sangat prospektif untuk menawarkan produk dan jasa.

Manfaat Dan Kelebihan Internet Marketing Dengan Facebook

Lalu apa manfaat dari marketing menggunakan media sosial Facebook? Berikut ini penjelasannya.

Biaya Murah

Biaya menjadi faktor yang harus dipertimbangkan dalam proses bisnis termasuk kegiatan pemasaran. Facebook memberikan kemungkinan yang besar bagi penggunanya untuk bisa menyebarkan nama perusahaan, jenis usaha, menawarkan produk, promosi jasa dengan ongkos yang relatif murah.

Hal ini disebabkan, untuk membuat akun Facebook saja tidak mengeluarkan biaya sedikitpun. Dan aktifitas lain dapat dilakukan dengan gratis.

Menyebarkan Informasi Mengenai Usaha

Facebook merupakan tempat yang tepat untuk mempublikasikan apa yang anda lakukan dalam hal bisnis. Informasi detil mengenai nama usaha, alamat, kontak, produk dan layanan.

Penjelasan Bisnis Melalui Update Status

Bagaimana cara internet marketing menggunakan Facebook adalah dengan melakukan aktivitas berupa update status. Update yang umum dilakukan oleh banyak pengguna adalah dalam bentuk teks. Teks yang dituliskan dalam wall FB dapat digunakan untuk memberikan penjelasan mengenai produk baru atau juga fungsi yang lebih banyak dari sebuah produk

Update Gambar Produk Dan Video

Selain update menggunakan teks, Facebook mengijinkan pengguna untuk melakukan posting berupa gambar atau video. Penjelasan mengenai produk melalui teks bisa saja kurang mencukupi bahkan membuat pengunjung bingung untuk memahaminya. Menampilkan gambar produk sangat membantu calon pembeli yang potensial untuk bisa mengetahui lebih jauh mengenai bentuk atau dimensi dari barang yang ditawarkan.

Menjaring Pembeli Potensial Melalui Fasilitas Tagging

Tagging merupakan fasilitas yagn disediakan oleh Fb untuk memberitahu teman tertentu mengenai status, gambar atau video yang anda lakukan. Teman yang mendapat tagging dapat mengetahui secra langsung mengenai informasi yan baru saja unda update erutama soal penawaran produk dan jasa.

Namun anda juga harus hati-hati untuk melakukan tagging. Karena melakukan tagging kepada semua teman yagn ada di dafar pertemanan FB anda akan membaut mereka terganggu. danb isa jadi teman-teman akan unfollow anda, bahkan lebih parah bisa melakuan unfriend.

Berbicara Dengan Pelanggan

Facebook memberikan fasilitas untuk dapat saling berkirim pesan (message) dengan teman di FB. Pesan yang dikirim dapat langsung dibalas dalam bentuk chatting (seperti yang dapat dilakukan dalam Yahoo Messenger). Berbicara langsung dengan teman (dalam arti pelanggan) menjadi kelebihan dari Facebook untuk bisa memberikan penawaran secara personal agar bisa terjadi transaksi pembelian.

Layanan pelanggan

Bentuk komunkasi yang beragam yang ada dalam Facebook seperti message (sama dengan email), chatting (seperti sebuah instant messenger) dan video chat membuat media online ini sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai layanan pelanggan. Pelanggan yang membutuhkan informasi penting dapat memperoleh pesan dalam berbagai bentuk di atas. Apabila kedua belah pihak, penjual dan pembeli, sedang online maka informasi dapat tersampaikan dalam waktu yang singkat dan jelas melalui fasilitas chatting.

Informasi Dapat Disebarkan Dengan Cepat

Facebook memiliki fasilitas berbagi atau sharing. Dimana setiap pengguna dapat membegikan informasi yang mereka anggap menarik dan bermanfaat dengan teman lain di jaringan pertemanan FB. Semakin banyak teman FB anda yang melakukan sharing, mana informasi anda akan banyak tersebar luar.

Cara ini biasa disebut dengan viral marketing. Dalam pemasran tradisional biasa disebut dengan pemasasaran dari mulut ke mulut. Namun dengan fitur yang dimiliki oleh FB, pengguna hanya cukup menekan tombol yang bertuliskan “share”, dan pesan sudah tersebar ke banyak akun FB lainnya.

Meningkatkan kepercayaan Pelanggan

Salah satu failitas yang menarik yang dimiliki oleh Facebook adalah “Like”. Dimana setiap pengunjung dapat memberikan penilai dengan menekan tombol “Like” bila mereka menyukai status yang anda berikan.

Semakin banyak “Like” yang diterima, maka akan membuat pengunjung semakin percaya dengan produk dan layanan yang anda berikan. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat untuk membantu pemilik usaha untuk mendapatkan kepercayaan dan transaksi.

Meningkatkan Pengunjung Ke Website Dan Blog

Dengan meningkatnya kepercayaan teman FB untuk selalu membaca update dan informasi dari anda, hal ini dapat dimanfaatkan untuk membawa mereka mengunjungi blog atau website usaha. Tentu saja membaca informasi secara lengkap dan detil akan lebih mudah melalui web atau blog dibandingkan melalui FB.

Dengan navigasi yang mudah, membaut web etap menjadi alat yang paling baik untuk memperlihatkan siapa anda, bagimana usaha anda dan seperti apa produk yang anda tawarkan.

Target Iklan Yang Tepat

Memanfaatkan Facebook untuk promosi usaha baik barang dan produk adalah dengan memaksimalkan keunggulan yang dimilikinya seperti iklan. Pemasangan iklan dapat dilakukan melalui Facebook karena FB memang memiliki layanan premium melaui FB Ads. Dengan iklan yang dipasang pada FB dapat membantu anda mendapatkan calon pelanggan yang sesuai dengan target yang diinginkan.

Mendapatkan Lokasi

Fasilitas Fb lain yang unik dan menraik adalah layanan Facebook Places. Tools ini membantu pengguna untuk mengetahui lokasi dimana anda berada. Layanan ini hanya ada pada perangkat mobile saja.

Pemilik bisnis atau pelanggan dapat memanfaatkan layanan ini untuk melihat lokasi dimana mendapatan barang dan jasa yang mereka butuhkan.

Jadi sudah jelas bahwa pemasaran online atau internet marketing lewat Facebook memang memberikan bayak keuntungan dan manfaat untuk pemilik bisnis. Silahkan Mencoba!

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *